Pengertian Media Sosial

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content"
Istilah media sosial termasuk baru. Intinya, itu adalah interaksi sosial yang berbasis web di jaringan internet. Media sosial sering pula disebut sebagai situs jejaring sosial. Pada awal perkembangannya, kemunculan situs Classmates.com (1995) bisa dikatakan sebagai situs pertama jejaring sosial. Kemudian, muncul situs Sixdegree yang lebih menarik untuk bersosialisasi di jagat maya.

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Pengguna media sosial dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat. Tak terkecuali, keinginan untuk aktualisasi diridan kebutuhan menciptakan personal branding.
Perkembangan dari media sosial ini sungguh pesat, ini bisa di lihat dari banyaknya jumlah anggota yang di miliki masing - masing situs jejaring sosial ini, berikut tabel jumlah anggota dari masing - masing situs yang di kutip dari (August E. Grant:297) pada 1 mei 2010 :
Jumlah member facebook melebihi 250.000.000 ,
Jumlah member myspace melebihi 122.000.000 ,
Jumlah member linkedin melebihi 50.000.000 , Dan
Jumlah member ning melebihi 42.000.000
Makanya dari itu media sosial dapat berkembang pesat dikarenakan banyak site site yang menyediakan berbagai fasilitas seperti :
Chatiing, Game Online, dan lain lain

Konsep Ideologi dalam Media Sosial Meliputi

Kemunculan situs-situs, seperti Classmates, Sixdegree, Blogger, dan Friendster menumbuhkan ruang sosial yang membawa ideologi bagi para penggunanya. Situs-situs tersebut tidak lagi hanya digunakan untuk kegiatan berbagi konten atau berbagai data. Penggunanya sudah bisa membentuk iklim tentang berbagi ide atau gagasan.
Situs Twitter, Facebook, Linkedin, MySpace, dan G+ adalah deretan website berbasis media sosial yang membawa ideologi bagi pendiri situs maupun para penggunanya. Situs-situs tersebut dapat membuka negara-negara yang tertutup akses informasinya dari luar maupun dalam. Peristiwa Arab Spring adalah contoh hasil idelogi para pengguna situs jejaring sosial untuk menyalurkan aspirasi dan ideloginya.


Konsep Dasar Media Sosial

Masih terdapat perbedaan pendapat tentang pengertian media sosial. Berdasarkan perkembangan teknologi informasi, e-mail atau surat elektronik sudah masuk kategori media sosial karena setiap pengguna internet yang memiliki akun e-mail dapat terhubung dengan pengguna internet lainnya di belahan dunia mana pun. Jadi, menurut konsep dasar tersebut, sejak tahun 1978, bisa dikatakan bahwa sudah ada media sosial. Saat itu, jaringan internet menggunakan saluran telepon yang dihubungkan dengan modem.

Media sosial mempunyai ciri - ciri yaitu :
  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya
  • Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

Hampir 99.99% Penguna Internet Pasti Memiliki Akun Social Media...
Previous
Next Post »

13 comments

Click here for comments
January 2, 2015 at 9:58 PM ×

jadi tau deh maksudnya, ga asal make aja hehe



#rudi

Reply
avatar
Unknown
admin
January 2, 2015 at 10:17 PM ×

Media sosial itu mempersempit dunia :v

Reply
avatar
Ida
admin
January 2, 2015 at 10:49 PM ×

Tapi Meningkatkan Social Atau Kebersamaan Kepada Yang Lainya dan Juga Bisa Terhubung Dengan Seluruh Dunia ^^

Reply
avatar
Ida
admin
January 2, 2015 at 10:50 PM ×

Tentu Saja Gak Boleh Asal Make :v

Reply
avatar
Anonymous
admin
January 2, 2015 at 10:56 PM ×

Nyimak dari muarihaku.blogspot.com

Reply
avatar
Unknown
admin
January 2, 2015 at 11:36 PM ×

wah, detail banget :v

Reply
avatar
Kang eby
admin
January 3, 2015 at 12:02 PM ×

ohkk jadi saya lebih tau tentang media sosial nice share :)

Reply
avatar
admin
admin
January 3, 2015 at 1:53 PM ×

Oh jadi itu pengertian media sosial sesungguhnya. Jadi lebih tau sekarang. Baru tau juga jumlah-jumlah member di setiap medsos. Thanks gan :))

Reply
avatar
Paja Tapuih
admin
January 3, 2015 at 4:56 PM ×

Penjelasan yang sangat jelas, namun media social facebook masih di puncak ya

Reply
avatar
Unknown
admin
January 4, 2015 at 5:53 PM ×

udah lama pake tapi baru tahu kali ini pengertian lengkapnya , hehe . makasih atas infonya sob ,Dalon izin follow blognya ya :D

ditunggu folback dan like Fanspagenya ya ;)

http://www.daloncorner.blogspot.com

Reply
avatar

PERATURAN BERKOMENTAR DI MYGAMESOFTWARE :
1. Tidak Boleh memasukan Link aktif kedalam komentar
2. Tidak Boleh promosi berbagai macam
3. Tidak Boleh berkomentar yang akan menyinggung orang banyak

Bijaklah anda dalam berkomentar, Pengunjung yang bijak tidak akan berkomen Nice Info! Komentar-lah yang Relevan :)
Salam Hangat, Admin MGS ConversionConversion EmoticonEmoticon

Thanks for your comment in MGS ~ Pengertian Media Sosial